Ilustrasi Gambar
Dimensi Faktual
Kuda pada komidi putar berputar
mengelilingi pusat putaran yakni tiang komidi putar. Kuda-kuda akan bergerak
berputar dalam waktu tertentu dengan frekuensi tertentu pula.
Dimensi Konseptual
Gerak melingkar (circular motion) adalah
gerak suatu benda yang membentuk lintasan berupa lingkaran mengelilingi suatu
titik tetap. Suatu benda dapat bergerak melingkar jika mendapatkan gaya yang
selalu membelokkan-nya menuju pusat lintasan lingkaran. Gaya ini dinamakan gaya
sentripetal. Suatu gerak melingkar beraturan dapat dikatakan sebagai suatu
gerak dipercepat beraturan, mengingat perlu adanya suatu percepatan yang
besarnya tetap dengan arah yang berubah, yang selalu mengubah arah gerak benda
agar menempuh lintasan berbentuk lingkaran
Pada gerak melingkar terdapat istilah
frekuensi dan periode. Frekuensi adalah banyaknya putaran yang dilakukan objek
dalam satu detik. Periode adalah waktu yang dibutuhkan objek untuk menyelesaikan
satu putaran penuh.
Ciri-ciri gerak melingkar beraturan:
1. Besar kelajuan linearnya tetap
2. Besar kecepatan sudutnya tetap
3. Besar percepatan sentripetalnya tetap
4. Lintasannya berupa lingkaran
Pada gerak melingkar semua persamaan
kecepatan dan percepatan selalu menggunakan persamaan kecepatan sudut dan
percepatan sudut. Kecepatan sudut adalah besaran vektor yang menyatakan
frekuensi sudut suatu benda dan sumbu putarnya. Satuan SI untuk kecepatan sudut
adalah radian per detik, meskipun dapat diukur pula menurut derajat per detik,
rotasi per detik, derajat per jam, dan lain-lain. Ketika diukur dalam putaran
per waktu (misalnya putaran per menit), kecepatan sudut sering dikatakan
sebagai kecepatan rotasi dan besaran skalarnya adalah laju rotasi. Kecepatan
sudut biasanya dinyatakan dengan simbol omega (Ω atau ω). Arah vektor kecepatan
sudut adalah tegak lurus dengan bidang rotasi, dalam arah yang biasa disebut
kaidah tangan kanan. Percepatan sudut adalah laju perubahan kecepatan sudut
terhadap waktu.
Dimensi Prosedural
Komedi putar dapat bergerak karena
adanya aliran listrik yang mengalir. Hal ini membuat kuda-kuda dapat berputar
mengelilingi pusat putaran. Lintasan kuda yang bergerak mengelilingi pusat
putaran berbentuk lingkaran. Ketika awal dinyalakan, kuda berputar dengan
kecepatan pelan, kemudian secara perlahan kecepatannya bertambah menjadi sedang
hingga akhirnya kuda-kuda berputar dengan kecepatan konstan. Banyaknya putaran yang dilakukan bergantung pada
kecepatannya. Banyaknya putaran persatuan waktu ini disebut dengan frekuensi.
Dimensi Metakognitif
Penerapan gerak melingkar dalam
kehidupan sehari-hari ialah
1. Perputaran roda
Roda sepeda ataupun
mobil yang bergerak merupakan contoh gerak melingkar, roda yang berputar
membentuk lintasan melingkar.
2. Bianglala
Bianglala dengan komidi
putar memiliki konsep yang kurang lebih sama, hanya saja bianglala berputar
dari bawah ke atas sedangkan komidi putar berputar dari kiri ke kanan.
3. Jam analog
Jarum jam analog juga berputar dengan
lintasan melingkar seperti gerak melingkar.
No comments:
Post a Comment